APA ITU FLAXSEED?

Flaxseed merupakan sumber yang baik untuk Lemak Omega-3 nabati, serat, protein serta nutrisi-nutrisi lainnya. Komposisi nutrisinya berbeda dengan biji-bijian penghasil minyak seperti canola dan bunga matahari. Nama botani flax adalah Linum usitatissinum dari famili Linaceae. Flax adalah tanaman yang memiliki banyak kegunaan dengan bunga berwarna biru. Biji bunga flax berbentuk pipih dan lonjong dengan ujung runcing. Lebih besar sedikit dibanding biji wijen.


Flaxseed (biji bunga rami) terus menerus mendapat pengakuan sebagai suatu makanan fungsional. Makanan fungsional adalah makanan yang dapat meningkatkan kesehatan melebihi yang diharapkan dari kandungan nutrisi asalnya. Riset-riset baru semakin menegaskan peranan biji bunga flax serta nutrisi pentingnya dalam mengendalikan pembengkakan jaringan tubuh serta mengurangi resiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes dan kanker.
National Cancer Institute di Amerika mengatakan bahwa flaxseed bukan hanya makanan saja, tetapi seperti makanan yang diramu khusus berkhasiat seperti obat karena berkemampuan memerangi sel-sel kanker.


Flaxseed ada dua warna, yaitu berwarna coklat dan kuning emas. Perbedaan warna biji ditentukan oleh jumlah pigmen yang terkandung dalam kulit biji tersebut tetapi kandungan nutrisinya tidak berbeda.

MENGAPA SANGAT DISARANKAN UNTUK MENYERTAKAN
ASUPAN FLAXSEED KE DALAM MAKANAN KITA?

Flaxseed (Linum usitatissimum L) kerap dijuluki “wonder food” karena beberapa alasan: berbagai penelitian telah menunjukkan bagaimana komponen flaxseed berpengaruh terhadap kesehatan seseorang, serta membantu menyembuhkan penyakit (untuk referensi narasumber, bisa dilihat disini).

FLAXSEED MERUPAKAN SUMBER ASAM LEMAK OMEGA-3 YANG BAIK, TERUTAMA ALPHA-LINOLENIC ACID (ALA)

Omega-3 merupakan asam lemak penting yang TIDAK diproduksi oleh tubuh kita, namun harus dikonsumsi setiap hari sebagai bagian dari pola makan sehat. Di dalam tubuh, ALA diubah menjadi EPA (eicosapentaenoic acid) dan DHA (docosahexaenoic acid). EPA dan DHA berperan penting dalam pengembangan otak, menjaga kesehatan jantung, mengobati artritis, dan menurunkan tekanan darah. Bagi para vegetarian, flaxseed bermanfaat sebagai sumber nabati Omega-3.

FLAXSEED MERUPAKAN SUMBER MAKANAN YANG MEMILIKI KANDUNGAN LIGNAN TERBANYAK.

Lignan merupakan salah satu phytoestrogen yang mengandung antioksidan yang melindungi tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa :

  • Kandungan lignan pada flaxseed dapat mencegah dan membantu mengobati kanker payudara
  • Mengkonsumsi flaxseed dapat mengurangi keganasan kanker ovarium
  • Lignan phytoestrogen mencegah pertumbuhan sel kanker prostat, karenanya sangat disarankan untuk dikonsumsi para pria
  • Phytoestrogen membantu mencegah dan mengatasi diabetes

FLAXSEED SANGAT KAYA AKAN SERAT

Kebutuhan asupan serat yang dianjurkan adalah 21-25 g bagi wanita dan 30-38 g bagi pria setiap harinya. Flaxseed mengandung cukup banyak serat, baik serat yang larut air maupun serat yang tidak larut air (1.9 g per 1 sdm), sangat ideal untuk memenuhi kebutuhan asupan serat harian Anda. Mengkonsumsi makanan kaya serat akan memperlambat datangnya rasa lapar, menurunkan kolesterol dan membantu pencernaan, mengurangi resiko konstipasi dan wasir.

MANFAAT LAIN

Meski dalam penelitian, Flaxseed dinilai memberikan manfaat bagi penderita maag, migrain, attention deficit/hyperactivity disorder (ADHD), glukoma, dan sebagainya.

Untuk mengakses Referensi Ilmiah dari informasi diatas, dapat dilihat disini

Perbandingan kandungan Omega-3 ALA, EPA dan DHA dalam takaran 2 sendok makan (15gr)

Omega-3 ALA Omega-3 EPA Omega-3 DHA
Nature’s Gem Golden Flaxseed 3.994 mg 399,40 mg* 199,70 mg*
Salmon    61,65 mg**  214,35 mg**

 

*Asumsi Konversi ALA ke EPA sebesar 10% dan ALA ke DHA 5%

**Berdasarkan hasil publikasi oleh USDA website www.health.gov pada tahun 2005.

Konversi Lemak Omega-3 ALA menjadi EPA dan DHA dalam tubuh manusia dipengaruhi oleh makanan dan jenis kelamin.

Makanan yang kaya Lemak Omega-6 LA akan menurunkan tingkat konversi Omega-3 ALA menjadi EPA dan DHA. Faktor-faktor makanan lainnya yang mempengaruhi konversi Omega-3 ALA termasuk asupan kolesterol, lemak jenuh, asam oleat, asam lemak trans dan alcohol. Asupan tinggi EPA dan DHA juga dapat menghambat konversi Omega-3 ALA, mungkin karena memberikan sinyal ke sistem tubuh bahwa lemak Omega-3 dalam jaringan sudah memadai.

Wanita-wanita pada usia subur memiliki kapasitas lebih tinggi mengkonversi Lemak Omega-3 ALA menjadi EPA dan DHA dibanding dengan pria, kemungkinan karena kandungan estrogen lebih tinggi pada wanita subur.

Perkiraan jumlah Omega-3 ALA yang dirubah menjadi EPA berkisar hanya 8-20%, sedangkan untuk DHA jauh lebih kecil yakni 1-9% saja.

Dalam tabel menunjukkan flaxseed diperkirakan memiliki nilai EPA 399.40mg dengan asumsi tingkat konversi 10%, dan nilai DHA 199.70mg dengan asumsi tingkat konversi 5%. Pembaca dipersilahkan menghitung konversi sendiri dari range persentase diatas.

KANDUNGAN NUTRISI UTAMA

DALAM 2 SENDOK MAKAN (15gr FLAXSEED)
A. Asam Lemak Omega-3 essensial 3.994 mg
B. Lignan(Phytoestrogen/zat anti kanker) 55.000 iu
C. Serat 4.200 mg
D. Protein 3.220 mg
Kalori 80 kal
Kandungan Vitamin
– Vitamin C 0,075 mg
– Vitamin B1 0,080 mg
– Vitamin B2 0,035 mg
– Vitamin B3 0,50 mg
– Vitamin B5 0,080 mg
– Vitamin B6 0,090 mg
– Vitamin B7(Biotin) 0,90 i.u.
– Vitamin B9(Asam Float) 16,8 i.u.
– Vitamin E
> Alpha-tocopherol 1,05 i.u.
> Delta-tocopherol 1,50 i.u.
> Gamma-tocopherol 82,80 i.u.
Kandungan Mineral
– Calcium 35,40 mg
– Tembaga 0,15 mg
– Besi 0,75 mg
– Magnesium 64,65 mg
– Mangan 0,45 mg
– Fosfor 93,30 mg
– Potasium 124,65 mg
Sodium 4,05 mg
– Seng 0,60 mg

MANFAAT UNTUK KESEHATAN ANDA

VARIASI MAKANAN SEHAT

DENGAN NATURE’S GEM GOLDEN FLAXSEED

Lihat Disini

MANFAAT FLAXSEED TERHADAP KESEHATAN

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Flaxseed yang sangat kaya serat dan asam lemak Omega-3 dapat
mencegah pembekuan darah di jantung dan juga dapat menurunkan
kolesterol jahat(LDL).

2. Meningkatkan Kesehatan Fungsi Otak

Lebih dari 20% otak terdiri dari zat lemak yang melakukan fungsi penting bagi tubuh. Selaput-selaput lemak yang membungkus sel-sel otak mengandung asam lemak yang berfungsi untuk menyampaikan dan menerima pesan-pesan dari seluruh organ tubuh. Asam lemak Omega-3 merupakan salah satu nutrisi yang penting bagi otak kita agar dapat melakukan tugas sebagai operator tubuh lebih optimal.

3. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Flaxseed mengandung 3 komponen yang dapat mencegah diabetes yakni serat yang dibutuhkan sehari-hari, lignan dan asam lemak Omega-3. Hasil riset yang dilakukan di Kanada terhadap 6 orang yang sehat menunjukkan bahwa setelah memakan roti yang terbuat dari Flaxseed, kadar gula darah menurun 28% dibandingkan dengan memakan roti yang tidak mengandung Flaxseed.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan asam lemak Omega-3 yang tinggi dalam Flaxseed melenturkan sistem pembuluh darah sehingga tekanan darah yang tinggi akan turun secara alami, namun tidak drastis. Sementara bagi orang yang tekanan darahnya sudah normal, Flaxseed tidak menurunkan tekanan darahnya.

5. Membantu Melancarkan Pembuangan Kotoran Dari Tubuh

Bagi orang tua maupun orang muda yang banyak mengkonsumsi obat – obatan cenderung sulit membuang air besar,dalam hal ini Flaxseed dapat membantu melancarkan pembuangan. Dalam sebuah riset yang dilakukan terhadap 10 orang muda. yang sehat yang diberikan 2 buah muffin (kue) yang mengandung 50gr Flaxseed, hasilnya menunjukkan pergerakan usus besar meningkat 30%. Percobaan tersebut dilakukan selama 4 minggu.

6. Membantu Meringankan Gejala Menopause

Dari hasil riset terhadap 25 wanita yang mulai mengalami gejala-gejala menopause dan diberikan Flaxseed 40 gr setiap hari selama 2 bulan, terbukti bahwa Flaxseed dapat merupakan sebuah terapi untuk meringankan gejala menopause.

7. Dapat Membantu Mencegah Osteoporosis

Menurut beberapa ahli riset Oklahoma State Universtiy, kandungan hormon phytoestrogens (lignan) dalam Flaxseed membawa efek yang positif untuk tulang bagi wanita yang telah menopause karena lignan tersebut meningkatkan zat antioksidan dalam tubuh. Menurut para ahli, radikal bebas dalam tulang dapat menyebabkan kepadatan tulang berkurang.

8. Meningkatkan Kesehatan Ginjal

Dari hasil percobaan klinis, Flaxseed dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi ginjal bagi pasien yang mengalami penyakit SLE (Systematic Lupus Erythematous). Dalam percobaan kliknis, pasien diberikan Flaxseed 15 gr, 30 gr atau 45 gr setiap hari selama 4 minggu.

9. Meningkatkan Kekebalan Tubuh Dari Bakteri Dan Virus

Kandungan Lignan dan Omega-3 dalam Flaxseed berguna untuk meningkatkan kesehatan sel-sel tubuh termasuk zat-zat penting, eicosanoids dan cytokines yang notabene berperan dalam mengendalikan kekebalan tubuh.

10. Membantu Mencegah Perkembangan Sel-Sel Kanker

Flaxseed mengandung tiga unsur pokok yang beperan dalam pencegahan perkembangan sel-sel kanker. Tiga unsur pokok tersebut adalah lignan, asam lemak Omega-3 dan serat.

a. Hasil penelitian yang dipublikasikan pada San Antonio Breast Cancer Symposium pada bulan Desember 2000 menunjukkan bahwa wanita yang baru masuk menopause yang didiagnosis menderita kanker payudara diberikan asupan Flaxseed 25 gr per hari, hasil pemeriksaan menjelang operasi menunjukkan tumornya menciut lebih kecil, sama seperti hasil pemberian terapi Tamoxifen (baca The Heading Power of Flax oleh Dr.Herb Joiner-Bey,N.D. )

b. Para ilmuan dari Dude University Medical Center USA telah mengeluarkan hasil penelitian bahwa makanan yang mengandung Flaxseed cenderung mengecilkan ukuran dan keganasan tumor. Penelitian tersebut dilakukan terhadap tikus yang secara genetik mengidap kanker prostat.

http://www.nutraceuticalworld.com/articles/2004/06/menshealth.php.

MENGAPA PILIH
NATURE 'S GEM GOLDEN FLAXSEED

Beberapa kali hasil uji menunjukkan bahwa biji bunga Flax merek Nature’s Gem mengandung ± 20% lebih banyak asam lemak Omega-3 dibandingkan biji Flax lainnya. Tanah dan suhu udara di bagian utara diketahui menghasilkan biji bunga Flax yang lebih besar serta kadar nutrisi dan minyak juga lebih tinggi. Flaxseed Nature’s Gem ditanam secara khusus di perbatasan Minnesota – Kanada dengan kondisi tanah dan suhu udara yang menunjang sehingga biji bunga Flax Nature’s Gem menghasilkan kandungan asam lemak Omega yang lebih tinggi dari flaxseed lainnya.

MANA LEBIH BAIK?

FLAXSEED ATAU CHIASEED

ADA RUMOR BAHWA KANDUNGAN PHYTOESTROGEN PADA FLAXSEED DAPAT MENIMBULKAN EFEK SAMPING PADA PRIA?

EFEK PHYTOESTROGEN

NATURE'S GEM KINI TERSEDIA SECARA ONLINE